Search for collections on Repository Library PCR

PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI ALAT VISUALISASI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM : STUDI KASUS PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 3 PEKANBARU

Alisha, Monifa (2025) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI ALAT VISUALISASI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM : STUDI KASUS PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 3 PEKANBARU. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporam PA (Proyek Akhir)] Text (Laporam PA (Proyek Akhir))
LAPORAN_PA_UPLOAD_REPOSITORY_ALISHAMONIFA_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
POSTER _PA.jpeg - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Indonesia memiliki kondisi geografis yang kompleks karena terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar dan berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Kondisi ini menjadikan Indonesia rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. Oleh karena itu, pemahaman mengenai mitigasi dan adaptasi bencana menjadi bagian penting dalam pembelajaran Geografi di sekolah. Namun, penyampaian materi kebencanaan di tingkat SMA masih menghadapi tantangan, terutama dalam menyajikan fenomena secara visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) markerless sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa SMAN 3 Pekanbaru terhadap mitigasi dan adaptasi bencana. Pengembangan dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi menyajikan simulasi 3D delapan jenis bencana alam, serta strategi mitigasi dan adaptasi melalui teks dan gambar pendukung. Evaluasi efektivitas dilakukan dengan pretest–posttest dan usability testing menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 63,8 (pretest) menjadi 83,6 (posttest), serta skor SUS sebesar 70,3 yang termasuk kategori “Good”. Dengan demikian, aplikasi ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa serta memberikan alternatif pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Alisha Monifa
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:28
Last Modified: 22 Aug 2025 07:28
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item
View Item