Search for collections on Repository Library PCR

PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA BAB STRUKTUR ATOM & SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS XI KURIKULUM MERDEKA(STUDI KASUS SMAN 3 PEKANBARU)

Melvina, Syahputri Kabeakan (2025) PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA BAB STRUKTUR ATOM & SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS XI KURIKULUM MERDEKA(STUDI KASUS SMAN 3 PEKANBARU). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
LAPORAN PA FINAL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Kimia berperan penting di berbagai bidang seperti kesehatan, industri, dan lingkungan. Namun, minat siswa terhadap pelajaran ini masih rendah, terutama karena metode pembelajaran yang masih konvensional dan kurang interaktif. Konsep abstrak seperti struktur atom dan sistem periodik unsur sulit dipahami hanya melalui buku teks atau alat peraga statis. Berdasarkan pra-riset terhadap 33 siswa, 78% memiliki pemahaman rendah, 64% kurang puas dengan proses belajar, dan 30,3% memilih visualisasi sebagai metode paling mudah dipahami. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) Markerless sebagai media pembelajaran Kimia kelas XI Kurikulum Merdeka. Aplikasi dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Blender 3D, dan Unity 3D. Hasil Blackbox Testing menunjukkan aplikasi berjalan sesuai fungsi, validasi konten menunjukkan kesesuaian 100% dengan buku ajar, usability testing mendapatkan skor rata rata 86%, dan UAT dengan rata rata sebesar 84%, yang menunjukkan aplikasi mudah digunakan dan diterima dengan baik. Pretest dan posttest juga menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dengan N-Gain Score 0,69 (68,7%), termasuk kategori sedang. Aplikasi ini efektif, interaktif, dan layak digunakan dalam pembelajaran Kimia. Penggunaan AR dalam pembelajaran Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur telah terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Melvina Syahputri Kabeakan
Date Deposited: 21 Aug 2025 00:53
Last Modified: 21 Aug 2025 00:53
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item
View Item