Search for collections on Repository Library PCR

RANCANG BANGUN SISTEM PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC (STUDI KASUS: KLINIK MATA UTAMA DURI EYE CENTER)

Akhsan, Wihan Muhammad (2025) RANCANG BANGUN SISTEM PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC (STUDI KASUS: KLINIK MATA UTAMA DURI EYE CENTER). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
PA_WIhan Muhammad Akhsan_4SIA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA Wihan Muhammad Akhsan.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Klinik Mata Utama Duri Eye Center, sebuah klinik mata yang telah berdiri sejak tahun 2024 dan berlokasi di Kabupaten Bengkalis, memiliki komitmen kuat dalam memberikan pengobatan dan perawatan yang optimal untuk berbagai masalah kesehatan mata. Namun, klinik ini menghadapi tantangan dalam penerapan strategi untuk memelihara hubungan baik dengan pasien. Sebagai solusi, diusulkan perancangan sistem Customer Relationship Management (CRM) dengan penerapan metode Framework of Dynamic (FOD) CRM. Metode FOD CRM ini dinilai efektif dalam meningkatkan interaksi dan relasi pelanggan secara berkelanjutan, serta memberikan pendekatan komprehensif untuk mengelola hubungan pelanggan, sehingga membuat sistem CRM lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan kebutuhan pasien. Dengan menggunakan sistem ini, pasien akan dikategorikan menjadi pasien lama dan pasien baru. Sistem ini dirancang menggunakan Laravel sebagai framework pengembangan sistem dan MySQL sebagai penyimpanan data. Berdasarkan hasil pengujian Black Box Testing, sistem telah berfungsi sesuai dengan 24 test case yang dirancang, mencapai persentase penerimaan fungsionalitas 100%. Sementara itu, pengujian Usability Testing terhadap 16 responden pasien menunjukkan tingkat kepuasan keseluruhan sebesar 87%, mengindikasikan bahwa sistem mudah digunakan, dipelajari, dan bermanfaat bagi pengguna. Dengan demikian, sistem CRM ini terbukti mampu memenuhi aspek kegunaan dan fungsionalitas yang diharapkan, serta sangat bermanfaat dalam mendukung upaya Klinik Mata Duri Eye Center untuk menjaga dan mempertahankan hubungan dengan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Business Analyst
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Wihan Muhammad Akhsan
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:38
Last Modified: 20 Aug 2025 02:38
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item
View Item