Mahirah, Ra'idah (2025) IMPLEMENTASI SISTEM HELPDESK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN LAPORAN MASALAH IT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS : PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV REGIONAL III). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
Mahirah Ra'idah.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Saat ini, PT Perkebunan Nusantara IV Regional III dalam melakukan pencatatan dan pengelolaan laporan masalah Teknologi Informasi (TI) masih menggunakan kertas dengan format yang telah ditentukan. Cara pencatatan seperti ini menyebabkan kesulitan dalam pemantauan dan keterlambatan dalam menyelesaikan masalah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka penelitian ini akan mengembangkan sistem helpdesk berbasis web menggunakan ticketing system agar pencatatan laporan menjadi sistematis. Service Level Agreement (SLA) monitoring untuk menentukan batas waktu penyelesaian laporan, dispatcher yang mengarahkan laporan ke teknisi TI, dan knowledge management system untuk mendokumentasikan solusi dari laporan sebelumnya. Sistem ini dikembangankan menggunakan metode Prototype. Metode ini dipilih karena memungkinkan pengembangan sistem secara iteratif dengan melibatkan pengguna dalam setiap tahap perbaikan, Hasil pengujian menunjukkan bahwa sisten telah berfungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna, dengan memperoleh skor rata-rata 94,25% dari pengguna internal (Asisten TI dan Krani TI) dan 81,8% dari pihak pelapor. Hal ini menunjukkan bahwa sistem tidah hanya memenuhi aspek fungsionalitas, tetatpi juga memberikan pengalaman pengguna dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan laporan TI di lingkungan perusahaan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering |
| Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
| Depositing User: | Mr Mahirah Ra'idah |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:43 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 01:43 |
| URI: | https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/3235 |
