Search for collections on Repository Library PCR

PENGEMBANGAN LAYANAN PENJADWALAN PELATIHAN INTERAKTIF ADMIN DAN KARYAWAN PADA APRIL LEARNING INSTITUTE (ALI) PORTAL SYSTEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY

Winata, Natalia (2025) PENGEMBANGAN LAYANAN PENJADWALAN PELATIHAN INTERAKTIF ADMIN DAN KARYAWAN PADA APRIL LEARNING INSTITUTE (ALI) PORTAL SYSTEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
repo REVISI NataliaWinata_LaporanPA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA Natalia.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) adalah perusahaan pulp dan kertas yang berlokasi di Riau, Indonesia. Sebagai bentuk komitmen terhadap inovasi dan pengembangan sumber daya manusia, PT. RAPP mendirikan APRIL Learning Institute (ALI), yaitu lembaga pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan. Saat ini, Portal ALI bersifat satu arah, yaitu admin mengelola data dan penjadwalan pelatihan secara manual, lalu mengunggahnya ke sistem; sedangkan karyawan hanya dapat melihat jadwal tanpa perlu login, yang berpotensi menimbulkan risiko keamanan data. Identifikasi permasalahan dilakukan melalui diskusi dan survei. Proposal ini bertujuan mengembangkan Portal ALI menjadi sistem dua arah yang lebih interaktif, di mana admin tidak wajib membuat jadwal secara manual. Admin tetap dapat mengelola data dan jadwal pelatihan, sementara karyawan yang telah login dapat melihat jadwal, mendaftar pelatihan, mengunduh modul (opsional), mengunggah bukti pelaksanaan, serta mengakses riwayat pelatihan. Untuk mendukung efisiensi, sistem ini menerapkan algoritma Greedy yang secara otomatis menjadwalkan pelatihan berdasarkan data pelatihan, peserta (jabatan dan departemen), serta tanggal, sehingga menghindari bentrokan jadwal. Metodologi Waterfall dipilih karena kebutuhan yang terdefinisi jelas dengan perubahan minimal. Pengujian terhadap waktu respon API membuktikan tidak terjadi keterlambatan dengan rata-rata kecepatan 165 m/s. Pengujian black box membuktikan 9 dari 9 butir uji berhasil menjadwalkan pelatihan tanpa adanya bentrokan waktu maupun lokasi. Hasil pengujian UAT menunjukkan bahwa 7 dari 7 butir uji untuk admin berhasil dan 8 dari 8 butir uji untuk karyawan berhasil berjalan sesuai dengan rancangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Natalia Winata
Date Deposited: 18 Aug 2025 04:22
Last Modified: 18 Aug 2025 04:22
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item
View Item