Search for collections on Repository Library PCR

Aplikasi Sistem GAReminder Berbasis Website Dengan Whatsapp Gateway (Studi Kasus : Garuda Indonesia Branch Office Pekanbaru)

Yofie Jiddan Ilmi Rabsanjani, Yofie (2024) Aplikasi Sistem GAReminder Berbasis Website Dengan Whatsapp Gateway (Studi Kasus : Garuda Indonesia Branch Office Pekanbaru). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
YofieJiddanIlmiRabsanjani_LaporanPA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
PosterPA_YofieJiddanIlmiRabsanjani.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (746kB)

Abstract

Kantor cabang Garuda Indonesia Pekanbaru merupakan kantor cabang untuk perwakilan maskapai Garuda Indonesia di Pekanbaru. Permasalahan yang dihadapi saat melakukan pre flight check, terutama pada saat reminder dengan cara yang lama sehingga kegiatan tersebut memakan waktu. Dari permasalahan tersebut, maka dikembangkan aplikasi sistem bernama GAReminder. Aplikasi ini akan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP Laravel dan menggunakan basis data MYSQL serta terhubung dengan Whatsapp API melalui penyedia Zenziva. Proses pengembangan menggunakan metode waterfall dan dilakukan serangkaian pengujian yang dimulai dari black box testing, usability testing, dan user acceptance testing. Hasil akhir dari penelitian proyek akhir ini adalah sebuah aplikasi sistem Bernama GAReminder berbasis website yang terintegrasi dengan whatsapp API. Aplikasi sistem ini berfungsi utama sebagai mengirimkan pesan reminder untuk calon penumpang Garuda Indonesia hanya dengan memasukkan nomor telepon saja. Selain itu, sistem ini juga memudahkan pelaporan dari reminder yang sudah terkirim dan dapat digunakan oleh siapa saja. Aplikasi sistem ini telah diuji dengan menggunakan metode black box testing dan mendapatkan nilai persentase keberhasilan sebesar 92%. Kemudian, dilakukan juga pengujian usability testing yang melibatkan pegawai kantor dan mendapatkan hasil sebesar 72%. Hal ini berarti cukup efektif dengan keberadaan sistem ini bagi pegawai. Terakhir, dilakukan pengujian user acceptance testing untuk supervisor dan mendapatkan hasil sebesar 100%. Hal ini dapat dijabarkan bahwa pengujian UAT berhasil dan efektif bagi pengguna dan sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Yofie Jiddan Ilmi Rabsanjani
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:07
Last Modified: 20 Sep 2024 02:07
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item
View Item