Mega, Syilvia (2024) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASI WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE(STUDI KASUS KANTOR KEPALA DESA KEC.RANTAU KOPAR). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
PA Mega Syilvia .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
poster.png
Restricted to Registered users only
Download (813kB)
Abstract
Pengaduan masyarakat adalah upaya bentuk masyarakat
berkontribusi dalam usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas
pelayanan masyarakat dan meningkatkan Kec. Rantau Kopar dalam
merespon keluhan masyarakat. Masyarakat yang nantinya dapat
membantu pemerintah dalam memberikan informasi mengenai kualitas
pelayanan dan permasalahan permasalahan yang ada di lingkungan
sekitar atau tempat tinggal mereka melalui instansi pemerintah guna
segera ditidaklanjut. Kepuasan dan kepentingan dari pengguna sistem
disini masyarakat menjadi prioritas yang penting untuk melakukan
pembaruan pelayanan yang lebih baik untuk kedepannya, kepuasan
pengguna sistem dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan yang terkait
untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Dengan dibuatnya sistem
ini bertujuan untuk pengguna sistem tidak kesulitan dalam hal ingin
melakukan pengaduan atau pelaporan atas kejadian yang dialami. Dengan
merancang sistem layanan pengaduan dengan metode prototyping ini
agar pengguna sistem nanti nya bisa langsung dengan cepat melakukan
pengaduan, pelaporan dan tidak harus datang secara langsung ke instansi
atau perusahaan tersebut dan memberikan kemudahan bagi pemerintah
dan instansi terkait dalam memberikan tanggapan, respons dan
menangani pengaduan masyarakat secara lebih mudah, Pengujian sistem
dilakukan dengan dua pendekatan utama : blackbox testing untuk
memastikan bahwa fungsi-fungsi sistem berjalan sesuai dengan
spesifikasi dan tenaring untuk menilai keandalan sistem dalam berbagai
situasi. Selain itu, usability testing dilakukan untuk mengevaluasi
kemudahan penggunaan sistem oleh end-user dan memastikan bahwa
antarmuka pengguna intuitif serta memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil
dari pengujian menunjukkan bahwa sistem ini efektif dalam menangani
pengaduan masyarakat dan memberikan pengalaman pengguna yang
baik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses penanganan
pengaduan. Kata Kunci: Pengaduan, blackbox testing, usability testing, Kec. Rantau
Kopar, Prototyping
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Mrs Mega Syilvia |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:23 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:23 |
URI: | https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2638 |