Manurung, Bagas (2024) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KINERJA PELAYANAN DENGAN PENERAPAN ALGORITMA RANDOM FOREST (STUDI KASUS: BAAK PCR). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
Laporan_Akhir Dengan Lembar Kuning.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Analisis sentimen adalah teknologi yang menganalisis saran dan komentar dari pengguna dan membantu mengevaluasi kepuasan mereka terhadap produk atau topik tertentu berdasarkan data opini langsung atau media sosial. Analisis sentimen dapat meningkatkan kinerja layanan dalam konteks implementasinya, seperti yang diamati pada kasus Administrasi Akademik Mahasiswa (BAAK) Politeknik Caltex Riau. Melalui wawancara dengan pimpinan BAAK, dilakukan penilaian terhadap kinerja BAAK, termasuk penyediaan informasi, dokumentasi ilmiah, dan rencana pengembangan ke depan. Untuk meningkatkan kinerja pelayanan, BAAK Politeknik Caltex Riau, dilakukan kajian tentang sentimen komentar saran dan masukan pelayanan BAAK Politeknik Caltex Riau. Sentimen pengguna dianalisis menggunakan Random Forest. Proses Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman Python, yang digunakan untuk persiapan data, tahap preprocessing, dan klasifikasi. Salah satu tantangan dalam analisis sentimen ini adalah persiapan dan pembersihan data yang dapat signifikan mempengaruhi akurasi klasifikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Data Engineering KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Soft Computing |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Bagaskara Natanael Manurung |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 00:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 00:56 |
URI: | https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2363 |