Fathya Zahra, Fathya (2024) Pengembangan Augmented Reality Pembelajaran Pemrograman Lanjut Dengan Metode Marker-Based. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
Laporan PA Fathya Zahra - 2055301049.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Poster Fathya Zahra.jpeg - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut adanya
inovasi dalam metode pembelajaran, terutama di bidang
pemrograman. Augmented Reality (AR) dengan metode marker�based menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan
visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi AR
berbasis marker-based sebagai media pembelajaran pemrograman
lanjut. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan
Unity dan Vuforia dan dikembangkan dengan metode MDLC. Melalui
aplikasi ini, mahasiswa dapat memvisualisasikan konsep-konsep
pemrograman yang abstrak menjadi objek 3D interaktif. Melalui
pengujian black box, aplikasi telah berhasil divalidasi secara
fungsional, di mana semua fitur seperti tombol navigasi, pemutaran
animasi, dan audio bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Konten
pembelajaran yang disajikan juga telah dinilai relevan dan sesuai
dengan materi perkuliahan oleh dosen, serta kualitas multimedia yang
dinilai baik oleh ahli multimedia. Evaluasi terhadap efektifitas aplikasi
dilakukan melalui pre-test dan post-test yang melibatkan 35
mahasiswa. Hasilnya menunjukkan peningkatan dari skor rata-rata
39% soal terjawab pada pre-test dan 93% rata-rata soal terjawab pada
post-test. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi AR yang
dikembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan
pemahaman mahasiswa secara efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Fathya Zahra |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:15 |
URI: | https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2224 |