Search for collections on Repository Library PCR

APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN MOBIL TRAVEL BERBASIS ANDROID DAN WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS CV BINTANG NGALAU)

M., Ihsan (2024) APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN MOBIL TRAVEL BERBASIS ANDROID DAN WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS CV BINTANG NGALAU). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
1. Laporan Akhir PA_M. Ihsan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA M. Ihsan_2055301072.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

CV Bintang Ngalau merupakan perusahaan jasa pelayanan antar jemput mobil travel yang mengalami pertumbuhan pelanggan yang signifikan. Sebelumnya, proses pemesanan travel dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor atau menghubungi pihak travel melalui telepon, serta pencatatan pemesanan masih menggunakan buku yang rentan terhadap risiko kehilangan data. Untuk mengatasi masalah ini, telah dirancang dan dikembangkan sebuah aplikasi pengelolaan travel yang mencakup pemesanan, pengecekan status, histori, dan data pemesanan travel. Sistem ini terdiri dari aplikasi Android untuk pelanggan dan supir, serta website untuk admin. Metodologi prototype digunakan dalam proyek ini untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan adaptabilitas sistem. Hasil dari proyek ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi dan adaptabilitas di lingkungan kerja perusahaan, meminimalisir risiko kehilangan data, dan memudahkan proses pemesanan bagi pelanggan. Hasil Black Box Testing dan User Acceptance Testing menunjukkan bahwa fungsionalitas website dan android berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, hasil Usability Testing pada aspek Learnability mendapatkan hasil sebesar 82.8%, aspek Efficiency mendapatkan nilai sebesar 80.8%, aspek Memorability mendapatkan nilai sebesar 86.4%, aspek Errors mendapatkan nilai sebesar 83.4%, dan aspek Satisfaction mendapatkan nilai sebesar 85.3% sehingga nilai pencapaian masing-masing aspek dikategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Mr mihsan 1903
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:24
Last Modified: 23 Aug 2024 02:24
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item
View Item