Search for collections on Repository Library PCR

Implementasi Gamifikasi pada Pengembangan Prototype Sistem Pembelajaran Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman dengan Metode Unified Software Development Process Berbasis Website

Laila Elbadr Arrasyid, Laila (2024) Implementasi Gamifikasi pada Pengembangan Prototype Sistem Pembelajaran Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman dengan Metode Unified Software Development Process Berbasis Website. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
Laporan Proyek Akhir Laila Elbadr Arrasyid - 2055301066.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Poster PA (Proyek Akhir)] Image (Poster PA (Proyek Akhir))
Poster Laila Elbadr Arrasyid.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Sistem pembelajaran elektronik merupakan pendekatan pembelajaran
yang menggunakan teknologi internet untuk mendistribusikan materi
pembelajaran secara efektif, meningkatkan fleksibilitas dan efektivitas
proses pembelajaran. Namun, masalah seperti ketidakpuasan terhadap
antarmuka, kurangnya interaktivitas, penyajian materi yang
membosankan, dan kecemasan dalam menyelesaikan latihan sering
muncul. Untuk mengatasi hal ini, elemen gamifikasi seperti sistem poin,
penghargaan, dan papan peringkat diterapkan dalam sistem pembelajaran
untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa aspek affect paling efektif dalam
menciptakan keterlibatan emosional yang positif, dengan nilai rata-rata
74 dan nilai tengah 85, menegaskan bahwa elemen gamifikasi berhasil
meningkatkan kepuasan dan motivasi pengguna. Selain itu, pengujian
black box yang dilakukan pada 43 uji kasus menunjukkan tingkat
keberhasilan 100%, yang mengindikasikan bahwa seluruh fungsi sistem
berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Sistem ini
dikembangkan menggunakan metode Unified Software Development
Process (USDP), yang berfokus pada kebutuhan dan preferensi
pengguna, memastikan implementasi gamifikasi dalam sistem
pembelajaran elektronik benar-benar bermanfaat dan menarik bagi para
pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Laila Elbadr Arrasyid
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:03
Last Modified: 22 Aug 2024 07:03
URI: https://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item
View Item