Search for collections on Repository Library PCR

ANALISIS STRATEGI CRM APLIKASI BRANDINGKU MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER PORTFOLIO MANAGEMENT

Dela Pradha Aksari, Raja (2023) ANALISIS STRATEGI CRM APLIKASI BRANDINGKU MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER PORTFOLIO MANAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Analisis Strategi CRM.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Laporan (Proyek Akhir)] Text (Laporan (Proyek Akhir))
Raja Dela Pradha Aksari Laporan PA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat persaingan dalam bisnis semakin ketat, sehingga UMKM memanfaatkan influencer marketing sebagai strategi pemasaran bagi produk atau jasa yang dimiliki. Tidak jarang pelaku UMKM belum berhasil memanfaatkan strategi pemasaran melalui influencer dengan tepat sasaran. Hal tersebut terjadi karena pelaku UMKM belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk memilih influencer yang tepat. Brandingku sebuah platform yang dirancang sebagai influencer marketing platform, bertujuan menghubungkan UMKM dan influencer dalam satu komunitas. Brandingku memiliki solusi yang dapat mempermudah UMKM menemukan influencer yang tepat berdasarkan kategori produk atau jasa, target pasar dan demografi. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis strategi CRM menggunakan metode Customer Portfolio Management bertujuan untuk menganalisis pelanggan didukung data mining algoritma K-Means untuk mengelompokkan pelanggan menjadi tiga klaster yang didefinisikan sebagai rendah, sedang, dan tinggi. Kriteria cluster mencakup jumlah penduduk, UMKM yang dipecah perbidang usaha dan luas wilayah. Brandingku dapat memberikan solusi kepada UMKM dari segi jarak ke pusat kota, rasio penduduk dan UMKM, dan kategori usaha UMKM. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database servernya. Diharapkan dapat membantu Brandingku merencakan strategi bisnis, menentukan pelanggan potensial dan memanfaatkan peluang dalam bisnis. Dalam mengukur kualitas pengelompokkan dilakukan dengan shilhoutte score dari hasil dari algoritma K-Means didapatkan akurasi sebesar 0.511952157792885 menunjukkan cluster memiliki jarak yang cukup baik. Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem yang telah dibangun menggunakan black box testing, didapatkan hasil bahwa sistem sudah 100% berhasil dibangun sesuai dengan yang diharapkan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Business Analyst
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Raja Dela Pradha Aksari
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:57
Last Modified: 28 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item
View Item