Asa Fikarda, Arya (2023) RANCANG BANGUN CONCEPT ART BACKGROUND ENVIRONMENT, MODELING OBJECT BACKGROUND ENVIRONMENT DAN RENDERING PADA PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PACU JALUR. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
Laporan PA - Arya Asa Fikarda - FINAL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
4. Poster PA - A3.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Tradisi Pacu Jalur merupakan salah satu bentuk tradisi yang telah lama dilestarikan oleh masyarakat Kuantan Singingi. Tradisi Pacu Jalur juga dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler di ajang Anugrah Pesona Indonesa (API). Namun, terbatasnya media informasi tentang tradisi dan sejarah Pacu Jalur menyebabkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai budaya semakin memudar. Berdasarkan hasil survei berupa kuesioner, 65.1% dari 86 rensponden menyatakan tidak mengetahui tradisi dan sejarah Pacu Jalur. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat cerita tradisi dan sejarah Pacu Jalur yang dikemas ke dalam bentuk film animasi 3D yang dikerjakan secara berkelompok. Peran penulis dalam pembuatan film animasi 3D Pacu Jalur ini adalah perancangan dan pembuatan concept art background environment, modeling object background environment, dan rendering eevee. Perancangan concept art sebagai bentuk gambaran awal cerita yang telah dirancang agar dapat membangun thumbnail suasana tata letak background yang sejalan dengan environment di sekitar Rantau Kuantan. Kemudian membuat hasil modeling yang sejalan dengan perancangan concept art dan terkonsep sehingga aset yang dihasilkan memiliki tampilan objek dengan visual nyata dari segi bentuk maupun ukuran yang menjadikannya lebih menarik dengan menggunakan teknik polygonal, primitive, dan nurbs modeling. Dan terakhir yaitu membuat hasil rendering eevee dengan menyalakan fitur tambahan dari eevee sehingga dapat menjadikan daya tarik film animasi 3D Pacu Jalur dari kualitas film animasi yang dihasilkan. Berdasarkan validasi yang dilakukan kepada pakar concept art, modeling dan rendering yaitu R. Ng Arya Bagas P sebagai 3D Artist, didapatkan beberapa revisi. Setelah dilakukan perbaikan, maka didapatkan hasil bahwa penerapan teknik concept art, modeling dan rendering dalam film animasi 3D Pacu Jalur ini sudah sesuai. Pembuatan film animasi 3D ini telah diimplementasikan menggunakan software Blender 3D. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengujian ini berhasil dalam memperkenalkan sejarah dan tradisi pada perlombaan Pacu Jalur kepada remaja.
Kata kunci: Pacu Jalur, Sejarah dan Tradisi, Survei, Animasi 3D, Background Environment, Concept art, Modeling, Rendering.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Arya Asa Fikarda |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 01:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 01:39 |
URI: | http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/930 |