Ryan, Chandra (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PENJADWALAN TRIAL CLASS MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (RUP) PADA HABIBIE SCHOOL. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
RyanChandra_LaporanPA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
RyanChandra_PosterPA.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (594kB)
Abstract
Habibie School merupakan sekolah dengan sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi salah satu pilihan orang tua pada umumnya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Habibie School memiliki program dinamakan trial class yang bertujuan untuk mengetahui setiap kemampuan calon peserta didik sehingga dapat dikelompokkan berdasarkan kelas sesuai kemampuannya. Namun untuk pendaftaran trial class di Habibie School masih menggunakan sistem manual yaitu orang tua calon siswa dan calon peserta didik harus datang langsung ke sekolah untuk melakukan pendaftaran. Penelitian ini menghasilkan website yang memiliki fitur pendaftaran, penjadwalan, penilaian dan pelaporan dengan menggunakan metode Rational Unified Process. Sistem yang dikembangkan bertujuan untuk memberikan solusi dengan memperhatikan fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya. Berdasarkan hasil dari pengujian blackbox testing dapat disimpulkan bahwa sistem berjalan dengan baik secara fungsional. Sistem telah melalui beberapa pengujian yang melibatkan 15 responden dari user yang dibutuhkan dengan nilai User Acceptance Testing sebanyak 85% dan Usability Testing sebanyak 84%. Berdasarkan ketiga pengujian tersebut, kinerja dari sistem ini cukup baik dalam memberikan informasi serta memiliki fitur yang memenuhi kebutuhan penjadwalan trial class.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ryan Chandra |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:57 |
URI: | http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/860 |