Search for collections on Repository Library PCR

PEMBUATAN IKLAN 3D DAN PENGARUH MINAT BELI PADA PRODUK OLAHAN NANAS KELOMPOK MASYARAKAT NENAS BERDURI KABUPATEN KAMPAR

Yazril, Ahmad Yudha (2023) PEMBUATAN IKLAN 3D DAN PENGARUH MINAT BELI PADA PRODUK OLAHAN NANAS KELOMPOK MASYARAKAT NENAS BERDURI KABUPATEN KAMPAR. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
AhmadYudhaYazril_PA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA AhmadYudha.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (919kB)

Abstract

Iklan merupakan media yang dipakai perusahaan dengan tujuan mengingatkan membujuk dan memberi informasi iklan juga dimaksudkan sebagai sarana memperkenalkan produk kepada konsumen sesuai dengan target sasaran. Dapat dikatakan bahwa awal mula pemasaran produk dimulai dari membuat iklan. Kelompok Masyarakat Nenas Berduri (Ponari) sebagai salah satu usaha yang menggunakan bahan dasar nenas, sebagai komoditas utama dari daerah Rimbo Panjang Kampar, pada saat ini mengalami kesulitan untuk memasarkan produk-produk olahannya. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh bapak Mukhlis sebagai ketua bagian kelembagaan PLUT Kampar, ibu Desi Meliyati selaku Ketua Ponari dan ibu Wilda selaku penggerak kelompok ibu-ibu. Salah satunya yaitu dengan mempromosikan produk berupa Video iklan 3D, video akan menampilkan proses olahan pada setiak produk Ponari, Mulai dari pemilihan nenas, pemrosesan nenas, kemasan produk dan melakukan pemasaran untuk memikat minat beli ke masyarakat. Penelitian ini berfokus para perancangan pembuatan video iklan dan video profil Ponari dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pembuatan video ini melakukan iterasi sebanyak 2 kali. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan ponari mendapatkan jawaban setuju dengan isi konten sesuai dengan prosedur ponari. Adapun hasil pengujian kepada ahli multimedia bahwa konten sudah memenuhi syarat tayang periklanan. Kemudian pengujian yang dilakukan dengan masyarakat sebanyak 30 responden mendapatkan hasil dari minat beli terhadap produk 73.3%. Dapat dikatakan video iklan 3d Kelompok Masyarakat Nenas Berduri Kabupaten Kampar dapat meningkatkan minat beli pada produk olahan nenas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Yudha Yazril
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:24
Last Modified: 25 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item
View Item