Search for collections on Repository Library PCR

SISTEM PELAYANAN PDAM TIRTA MAJU BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING (STUDI KASUS: PDAM TIRTA MAJU)

Muhammad, Wahyu Kandrival (2023) SISTEM PELAYANAN PDAM TIRTA MAJU BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING (STUDI KASUS: PDAM TIRTA MAJU). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA(Proyek Akhir)] Text (Laporan PA(Proyek Akhir))
Muhammad Wahyu Kandrival PA A5 Dengan Lampiran Plagiasi Sistem Lama.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Muhammad Wahyu Kandrival PA Poster.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

PDAM Tirta Maju merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa
yang dibentuk pada tahun 2018 melalui program pemerintah Dumai yaitu
Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang berperan sebagai penyedia air
bersih untuk masyarakat dan mempunyai fungsi untuk memenuhi
kebutuhan air minum yang bersih untuk masyarakat. Saat ini penagihan
pembayaran air pada PDAM Tirta Maju dilakukan masih dengan cara
manual yaitu petugas turun ke lapangan untuk mencatat total pemakaian
bulan ini berdasarkan nomor meteran air pelanggan. Setelah mencatat
semua data, petugas kembali ke kantor untuk membagikan catatan
tersebut ke admin untuk menentukan total tagihan pembayaran dan
mencetak setruk tagihan. Pada hari selanjutnya petugas kembali turun ke
lapangan untuk menagih pembayaran kepada pelanggan. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah Sistem Pelayanan
Berbasis Website, yang akan diberi nama SISPAM. Sistem yang akan
dibangun menggunakan metode Prototyping yang merupakan model
kerja fisik dari sistem dan bertindak sebagai versi awal. Pengembangan
sistem ini memakan waktu sekitar 5 bulan. Hasil pengujian aplikasi
menggunakan pengujian Black Box Testing, Usability Testing dan User
Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem
berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan petugas dan admin di
PDAM Tirta Maju.
Kata Kunci: PDAM Tirta Maju, Prototyping, Sistem Pelayanan, Website

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Muhammad Wahyu Kandrival
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:55
Last Modified: 23 Aug 2023 08:55
URI: http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item
View Item