Search for collections on Repository Library PCR

PEMBUATAN GAME SIMULASI 3D PEKERJAAN KANTOR SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGETAHUI MOTIVASI DIRI KARYAWAN MENGGUNAKAN TEORI MOTIVASI MCCLELLAND

Hadi, Rahmad (2023) PEMBUATAN GAME SIMULASI 3D PEKERJAAN KANTOR SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGETAHUI MOTIVASI DIRI KARYAWAN MENGGUNAKAN TEORI MOTIVASI MCCLELLAND. Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.

[thumbnail of Laporan PA (Proyek Akhir)] Text (Laporan PA (Proyek Akhir))
Laporan Akhir Rahmad Hadi 1655301076.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Poster PA] Image (Poster PA)
Poster PA.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia sebagai media interaktif dalam mengetahui motivasi diri karyawan. Metode penelitian menggunakan teori motivasi mcclelland yang terdiri dari 3 motif yaitu need of achievement, need of affiliation, dan need of power. Alasan dari mengangkat teori motivasi mcclelland ini sebagai penerapan konsep untuk mengetahui motivasi diri karyawan menjadi sebuah game simulasi, karena teori ini memiliki kemampuan dalam mengetahui motif sosial seseorang. Namun, penerapan dari teori ini diimplementasikan masih dalam bentuk kuesioner. Oleh karena itu, dilakukan pembuatan game untuk mengetahui motivasi diri. Game telah terbukti menjadi media interaktif yang dapat memberikan umpan balik antara pemain dan sistem. Salah satunya adalah game simulasi yang dapat bersifat positif bagi penggunanya dalam pembelajaran, penemuan, dan latihan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuat sebuah game simulasi 3D pekerjaan kantor sebagai media interaktif dalam upaya mengetahui motivasi diri karyawan menggunakan teori motivasi mcclelland menggunakan aplikasi unity berbasis desktop. Berdasarkan hasil pengujian usability testing pada aspek satisfaction yang dibagikan secara luring, dari 7 responden dapat dilihat 41.6% responden menjawab game ini dapat menyimulasikan pekerjaan kantor dengan baik. Dan dari hasil pengujian metode pengumpulan data menunjukkan hasil yang cukup baik dengan persentase 38.8% yang artinya dapat dijadikan sebagai media interaktif dalam mengetahui motivasi diri untuk karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Multimedia
Divisions: Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: Rahmad Hadi
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:06
Last Modified: 05 Sep 2023 03:06
URI: http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item
View Item