Fedira, Salsabilla Amaranggana (2023) Rancang Bangun E-Crm Dalam Meningkatkan Layanan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Framework Of Dynamic (Studi Kasus: Lakosa Coffee And Roastery). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
Laporan PA Salsabilla Amaranggana.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Poster PA Salsa.jpeg - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Abstract
Lakosa Coffee and Roastery merupakan sebuah coffee shop yang menyediakan berbagai macam minuman dan makananan. Lakosa banyak diminati oleh Gen Millenial sampai dengan Gen Z. Lakosa Coffee and Roastery memerlukan pelayanan pelanggan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Selain itu Lakosa Coffee and Roastery belum mempunyai sarana untuk menampung testimoni dan keluhan pelanggan yang mana apabila ada testimoni dan keluhan pelanggan, Lakosa Coffee and Roastery dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Maka, akan dilakukan analisa dan perancangan sistem dengan menggunakan konsep E-CRM agar Lakosa Coffee and Roastery dapat meningkatkan daya saing antar perusahaan coffee shop lainnya. Metode yang digunakan adalah Framework of Dynamic dengan bahasa pemrograman PHP dengan database MySql. Sistem ini dapat menghasilkan sarana untuk menampung testimoni dan keluhan pelanggan. Selain itu, adanya fitur poin yang dapat membedakan pelanggan biasa dengan pelanggan yang loyal. Selain itu akan ada fitur broadcasting Whatsapp yang mana pelanggan akan mendapatkan info mengenai voucher berupa promo tertentu. Untuk pengujian sistem ini, menggunakan metode pengujian Blackbox Testing, User Acceptance Testing dan Usability Testing. Berdasarkan hasil pengujian Blackbox testing dan User Acceptance Testing telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tidak terdapat error dan telah diterima dan dirancang sesuai kebutuhan dari pengguna. Serta hasil pengujian usability testing didapatlah hasil pengujian dengan total persentase 95,115% (Sangat Setuju). Dari hasil pengujian ini disimpulkan bahwa E-CRM yang dikembangkan dapat membantu Lakosa Coffee and Roastery sesuai masalah yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Business Analyst |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | salsabilla amaranggana fedira |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 03:26 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 03:26 |
URI: | http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/1316 |