Rizti, Qawi Malik (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ASPIRASI PUBLIK DAN PELAPORAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ORGANISASI (STUDI KASUS: POLITEKNIK CALTEX RIAU). Diploma thesis, Politeknik Caltex Riau.
LaporanPA_QawiMalikRitzi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
PosterPA_QawiMalikRizti.png - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (860kB)
Abstract
Politeknik Caltex Riau merupakan salah satu perguruan tinggi di Provinsi Riau yang menyediakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan siap terjun ke dunia industri. Politeknik Caltex Riau memiliki visi untuk menjadi pusat keunggulan pendidikan vokasi dan riset terkemuka di Indonesia pada tahun 2031. Dalam upaya mencapai visi tersebut, Politeknik Caltex Riau harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada mahasiswa, dosen, staf, dan masyarakat oleh karena itu Politeknik Caltex Riau harus memiliki wadah yang bisa menampung aspirasi yang berkaitan tentang Politeknik Caltex Riau. Sistem Informasi Aspirasi Publik dan Pelaporan diharapkan dapat memperbaiki proses komunikasi dan pelayanan di Politeknik Caltex Riau. Saat ini, proses pengelolaan aspirasi dan pelaporan masih menggunakan metode manual, yang menyebabkan informasi tidak terdokumentasi dengan baik dan kurang efektif dalam pengelolaan. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan yaitu Prototyping dan telah berhasil di implementasi dari tahap pengembangan diketahui bahwa pengguna dan pengembang mencapai kesepakatan di iterasi ke-2. Berikut terdapat beberapa pengujian yang telah dilakukan, yaitu dari pengujian Black-Box Testing disimpulkan 28 butir uji fungsionalitas sistem sudah berjalan dengan benar dan baik, dan berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) disimpulkan sistem dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan fungsionalitas sistem sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil Usability Testing yang digunakan, seluruh aspek mendapatkan kategori Sangat Baik karena mendapatkan nilai persentase di atas 80,8%. Learnabillity merupakan aspek yang tertinggi pertama sehingga dapat disimpulkan sistem ini mudah digunakan dan aspek Efficiency merupakan aspek yang tertinggi kedua sehingga dapat disimpulkan Sistem Informasi Aspirasi Publik dan Pelaporan berjalan dengan semestinya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KBK > KBK Jurusan Teknologi Informasi > KBK Software Engineering |
Divisions: | Sarjana Terapan > Jurusan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Mr qawi malik rizti qawi malik rizti |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 03:18 |
URI: | http://repository.lib.pcr.ac.id/id/eprint/1099 |